-->

AKHLAK TASAWUF



Kuliah Pertama

Pengertian Akhlak dan Tasawuf


Pengertian Akhlak:
  • Secara bahasa akhlak berasal dari kata  اخلق – يخلق – اخلاقا  artinya perangai, kebiasaan, watak, peradaban yang baik, agama. Kata akhlak sama dengan kata khuluq. Dasarnya adalah:
1. QS. Al- Qalam: 4: وانك لعلى خلق عظيم
2. QS. Asy-Syu’ara: 137: ان هذا الا خلق الاولين
3. Hadis :انما بعثت لاتمم مكارم الاخلاق

  • Menurut Istilah, akhlak adalah:
1.      Ibnu Miskawaih: sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melaksanakan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran danpertimbangan.
2.      Imam Ghazali: sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan yang mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.

Ciri Perbuatan Akhlak:
  1. Tertanam kuat dalam jiwa seseorang sehingga telah menjadi kepribadiannya.
  2. Dilakukan dengan mudah tanpa pemikiran.
  3. Timbul dari dalam diri orang yang mengerjakannya tanpa ada paksaan atau tekanan dari luar.
  4. Dilakukan dengan sungguh-sungguh.
  5. Dilakukan dengan ikhlas.

Ruang lingkup Kajian Ilmu Akhlak:
@ Perbuatan-perbuatan manusia menurut ukuran baik dan buruk.
@ Objeknya adalah norma atau penilaian terhadap perbuatan tersebut.
@ Perbuatan tersebut baik perbuatan individu maupun kolektif.

Manfaat mempelajari Ilmu Akhlak:
  1. Menetapkan criteria perbuatan yang baik dan buruk.
  2. Membersihkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat.
  3. Mengarahkan dan mewarnai berbagai aktivitas kehidupan manusia.
  4. Memberikan pedoman atau penerangan bagi manusia dalam mengetahui perbuatan yang baik atau buruk.




Pengertian Tasawuf:
  • Secara bahasa tasawuf berarti:
- saf (baris), sufi (suci), sophos (Yunani: hikmah), suf (kain wol)
- sikap mental yang selalu memelihara kesucian diri, beribadah, hidup sederhana, rela berkorban untuk kebaikan dan bersikap bijaksana.

  • Menurut Istilah:
1.      Upaya mensucikan diri dengan cara menjauhkan pengaruh kehidupan dunia dan memusatkan perhatian hanya kepada Allah Swt.
2.      Kegiatan yang berkenaan dengan pembinaan mental ruhaniah agar selalu dekat dengan Tuhan.

Sumber Ajaran Tasawuf:
  1. Unsur Islam:
-          Al-Qur’an mengajarkan manusia untuk: mencintai Tuhan (QS. Al-Maidah: 54), bertaubah dan mensucikan diri  (QS> At-Tahrim: 8), manusia selalu dalam pandangan Allah dimana saja (QS. Al-Baqarah: 110), Tuhan memberi cahaya kepada HambaNya (QS. An-Nur: 35), sabar dalam bertaqarrub kepada Allah (QS. Ali Imran: 3)
-          Hadis Nabi seperti tentang rahasia penciptaan alam adalah agar manusia mengenal penciptanya.
-          Praktek para sahabat seperti Abu Bakar Ash-shiddiq, Umar Ibn Khattab, Usman Ibn Affan, Ali Ibn Abi Talib, Abu Zar Al-Ghiffari, Hasan Basri, dll.
  1. Unsur Non Islam:
  1. Nasrani: Cara kependetaan dalam hal latihan jiwa dan ibadah.
  2. Yunani: Unsur filsafat tentang masalah ketuhanan.
  3. Hindu/Budha: mujahadah, perpindahan roh dari satu badan ke badan yang lain.

Hubungan Akhlak dengan Tasawuf:

Akhlak dan Tasawuf saling berkaitan. Akhlak dalam pelaksanaannya mengatur hubungan horizontal antara sesame manusia, sedangkan tasawuf mengatur jalinan komunikasi vertical antara manusia dengan Tuhannya. Akhlak menjadi dasar dari pelaksanaan tasawuf, sehingga dalam prakteknya tasawuf mementingkan akhlak.





Kuliah Kedua
SEJARAH PERKEMBANGAN AKHLAK TASAWUF

Sejarah Perkembangan Akhlak
Ditelusuri dari aspek kebangsaan, dapat dijelaskan sebagai berikut:
A.    Akhlak pada bangsa Yunani
  • Ditandai dengan munculnya Sophisticians, yaitu orang-orang yang bijaksana.
  • Dasar pemikirannya: rasionalistik, baik dan buruk didasarkan pada pertimbangan akal pikiran. Argumentasinya didasarkan pada filsafat tentang manusia (anthropocentris), terkait dengan kejiwaan manusia. Akhlak adalah sesuatu yang fitri yang ada dalam diri manusia.
  • Tokohnya:
-          Socrates (469-399 SM): membentuk pola hubungan antara manusia dengan dasar ilmu pengetahuan.
-          Plato (427-347 SM): mengemukakan teori contoh, yaitu apa yang terdapat pada lahiriyah sebenarnya telah ada contoh sebelumnya yang ada dalam bayangan dari yang tidak tampak (alam rohani atau alam ide). Teorinya ini terdapat dalam bukunya: Republik.
-          Aristoteles (394-322 SM): mengemukakan teori pertengahan; yang baik adalah yang berada di tengah-tengah. Tujuan akhir manusia adalah kebahagiaan. Untuk mencapai kebahagiaan adalah dengan menggunakan ilmu pengetahuan.

B.     Akhlak pada Agama Nasrani
  • Dasarnya adalah teocentris, Tuhan adalah sumber akhlak.
  • Tuhan yang menentukan dan membentuk patokan akhlak.
  • Menekankan pada aspek sufistik (dimensi batin).
  • Pendorong kebaikan adalah cinta dan iman kepada Tuhan berdasarkan kitab Taurat.

C.     Akhlak pada bangsa Romawi
  • Dibangun berdasarkan perpaduan antara ajaran Yunani (anthropocentris) dengan ajaran Nasrani (Teocentris).
  • Tokohnya: Abelard (1079-1142 M) dari Perancis, dan Thomas Aquinas (1226-1274 M) dari Italia.

D.    Akhlak pada Agama Islam
  • Titik pangkal pada wahyu Tuhan dan akal manusia.
  • Al-Qur’an memberi perhatian besar pada pembinaan akhlak.
  • Nabi menjadi role model dalam pembinaan akhlak dalam penyebaran Islam.
Sejarah Perkembangan Tasawuf

  • Masa Rasulullah belum ada istilah tasawuf.
  • Benih-benih tasawuf ditemukan pada perilaku dan sifat Nabi, seperti ketika berkhalwat di gua hira.
  • Kehidupan para sahabat juga mencerminkan kehidupan sebagai sufi seperti sikap zuhud dan qana’ah.
  • Masa Tabi’in: ada istilah Nussak, yaitu orang-orang yang menyediakan dirinya untuk beribadah kepada Allah. Tokohnya Hasan Basri, yang benar-benar mempraktekkan tasawuf dengan memunculkan konsep khauf dan raja’.
  • Istilah tasawuf muncul pada abad ke 2 H. Kata sufi pertama kali digunakan oleh Abu Hasyim, seorang Zahid dari Syria (w. 780 M). Dia mendirikan Takya, semacam padepokan sufi yang pertama.
  • Tasawuf muncul sebagai respon terhadap praktek kehidupan para raja yang penuh dengan kemewahan. Para sufi memperbanyak zikir, zuhud, tadarus al-Qur’an, salat sunnah dan sebagainya. Tasawuf menjadi pengajian yang dipimpin oleh guru sufi.
  • Abad ke 3 H: muncul tasawuf yang menonjolkan pemikiran eksklusif (tasawuf falsafi) seperti Al-Hallaj dengan konsep hulul.
  • Abad ke 5 H: muncul Al-Ghazali, yang mendasarkan tasawuf hanya pada al-Qur’an dan hadis dan bertujuan asketisme, hidup sederhana, pelurusan jiwa, dan pembinaan moral.
  • Abd ke 6 H berkembang tarekat-tarekat untuk melatih dan mendidik para murid seperti yang dilakukan oleh Sayid Ahmad Rifa’I (w. 570 H), dan Sayid Abdul Qadir Jaelani (w. 651 M).
  • Sejak abad ke 6 H muncul perpaduan antara tasawuf akhlaki dengan falsafi dengan tokoh seperti: Suhrawardi Al-Maqtul dan Ibn Arabi.     



Kuliah Ketiga

ETIKA, MORAL, SUSILA, DAN AKHLAK

Etika
  • Secara bahasa etika berasal dari bahasa Yunani; ethos; yang berarti watak kesusilaan atau adat. Etika dalam kamus diartikan sebagai ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak.
  • Menurut istilah etika adalah ilmu yang menjelaskan baik dan buruk dan menerangkan apa yang seharusnya dilakukan manusia (Ahmad Amin).
  • Konsep etika bersifat humanistis dan anthropocentris, karena didasarkan pada pemikiran manusia dan diarahkan pada perbuatan manusia. Dengan kata lain etika adalah aturan yang dihasilkan oleh akal manusia.
  • Komponen yang terdapat dalam etika meliputi 4 hal:
1. Objek, yaitu perbuatan manusia.
2. Sumber, berasal dari pikiran atau filsafat.
3. Fungsi, sebagai penilai perbuatan manusia.
4. Sifat, berubah-ubah sesuai dengan tuntutan zaman.

Moral
  • Secara bahasa berasal dari kata mores (latin) yang berarti adat kebiasaan. Dalam kamus moral diartikan sebagai penentuan baik dan buruk terhadap perbuatan dan kelakuan.
  • Istilah: moral merupakan istilah untuk menentukan batas-batas dari sifat, perangai, kehendak, pendapat, yang secara layak dapat dikatakan benar, salah, baik, atau buruk.
  • Acuan moral adalah system nilai yang hidp dan diberlakukan dalam masyarakat.
  • Persamaan antara moral dan etika terletak pada objeknya yaitu: perbuatan manusia.
  • Perbedaan keduanya terletak pada tolok ukur penilaian perbuatan. Etika menggunakan akal sebagai tolok ukur, sedangkan moral menggunakan norma yang hidup dalam masyarakat.  

Susila
  • Berasal dari bahasa Sanskerta, Su: artinya baik, dan susila: artinya prinsip, dasar, atau aturan.
  • Susila atau kesusilaan diartikan sebagai aturan hidup yang lebih baik, sopan, dan beradab.
  • Kesusilaan merupakan upaya membimbing, memasyarakatkan hidup yang sesuai dengan norma/nilai-nilai yang berlaku di masyarakat.


PERSAMAAN ETIKA, MORAL, DAN AKHLAK

  • Persamaan ketiganya  terletak pada fungsi dan peran, yaitu menentukan hukum atau nilai dari suatu perbuatan manusia untuk ditetapkan baik atau buruk.
  • Secara rinci persamaan tersebut terdapat dalam tiga hal:
      1. Objek: yaitu perbuatan manusia
      2. Ukuran: yaitu baik dan buruk
      3. Tujuan: membentuk kepribadian manusia

PERBEDAAN
  1. Sumber atau acuan:
-          Etika sumber acuannya adalah akal
-          Moral sumbernya norma atau adapt istiadat
-          Akhlak bersumber dari wahyu
  1. Sifat Pemikiran:
-          Etika bersifat filososfis
-          Moral bersifat empiris
-          Akhlak merupakan perpaduan antara wahyu dan akal
  1. Proses munculnya perbuatan:
-          Etika muncul ketika ad aide
-          Moral muncul karena pertimbangan suasana
-          Akhlak muncul secara spontan atau tanpa pertimbangan.





KONSEP BAIK DAN BURUK


Definisi Baik dan Buruk
  • Pengertian baik atau khair adalah:
1.  sesuatu yang sudah mencapau kesempurnaan,
2.  sesuatu yang memiliki nilai kebenaran/nilai yang diharapkan,
3.  sesuatu yang berhubungan dengan luhur, bermartabat, menyenangkan, dan disukai manusia.
  • Buruk atau syarr, memiliki pengertian kebalikan dari baik.
  • Pengertian baik dan buruk di atas bersifat subjektif, relative, tergantung individu yang menilainya.

Penentuan Baik dan Buruk
1.      Berdasarkan adat istiadat masyarakat (aliran sosialisme).
2.      Berdasarkan akal manusia (hedonisme)
3.      Berdasarkan intuisi (humanisme)
4.      Berdasarkan kegunaan (utilitarianisme)
5.      Berdasarkan agama (religiousisme)

Konsep Baik dalam ajaran Islam
  1. Hasanah; sesuatu yang disukai atau dipandang baik (QS. 16: 125, 28: 84)
  2. Tayyibah; sesuatu yang memberikan kelezatan kepada panca indera dan jiwa (QS. 2: 57).
  3. Khair; sesuatu yang baik menurut umat manusia (QS. 2: 158).
  4. Mahmudah; sesuatu yang utama akibat melaksanakan sesuatu yang disukai Allah (QS. 17: 79).
  5. Karimah; perbuatan terpuji yang ditampakkan dalam kehidupan sehari-hari (QS. 17: 23).
  6. Birr; upaya memperbanyak perbuatan baik (QS. 2: 177).



KEBEBASAN DAN TANGGUNG JAWAB


Makna Kebebasan:
  1. Kemampuan untuk menentukan diri sendiri, tidak dibatasi oleh orang lain.
  2. Kemampuan untuk melakukan sesuatu sesuai yang dimilikinya dan tujuan yang diinginkannya.
  3. Kemampuan  memilih kemungkinan-kemungkinan yang tersedia baginya.
  4. tidak dipaksa/terikat untuk membuat sesuatu yang tidak akan dipilihnya, berbuat dengan leluasa.

Kebebasan manusia: apakah manusia memiliki kebebasan atau tidak?
  1. Manusia memiliki kebebasan untuk menentukan kemauannya (Qadariyah/Mu’tazilah).
  2. Kebebasan manusia dibatasi oleh Tuhan (Jabariyah/Asy’ariyah).

Dasar Kebebasan: QS. 3: 164, 18: 29, 41: 40.

Macam Kebebasan:
  1. Kebebasan jasmani (menggerakkan anggota tubuh).
  2. Kebebasan ruhani (berkehendak)
  3. Kebebasan moral.

Tanggung Jawab
  • Kesediaan dasariah untuk melaksanaka apa yang menjadi kewajiban.
  • Kewajiban untuk melaksanakan segala sesuatu yang bertujuan untuk mempertahankan keadilan, keamanan, dan kemakmuran.
  • Menerima pembebanan sebagai akibat perbuatan sendiri.

Eksistensi Tanggung jawab
  • berhubungan dengan perbuatan yang dilakukan dengan kesadaran.
  • Tanggung jawab berhubungan dengan kebebasan berbuat , dimana kebebasan berbuat harus dapat dipertanggungjawabkan.
  • Hubungan antara kebebasan dan tanggung jawab meliputi:
1.      kemampuan untuk menentukan diri sendiri
2.      kemampuan untuk bertanggungjawab.
3.      kedewasaan manusia



Kuliah Keempat
PEMBENTUKAN AKHLAK

Pandangan tentang eksistensi akhlak
-          Terdapat dua aliran tentang akhlak manusia, apakah akhlak itu dibentuk atau bawaan sejak lahir.
  1. Akhlak adalah insting (garizah) yang dibawa manusia sejak lahir. Jadi akhlak adalah pembawaan manusia, yaitu kecenderungan kepada fitrah yang ada pada dirinya. Akhlak tumbuh dengan sendirinya tanpa dibentuk atau diusahakan (gairu muktasabah).
  2. Akhlak adalah hasil pendidikan, latihan atau pembinaan yang sungguh-sungguh. Akhlak adalah hasil usaha (muktasabah).

Metode Pembentukan Akhlak
  • Dalam Islam pembentukan akhlak dilakukan secara integrated, melalui rukun iman dan rukun Islam. Ibadah dalam Islam menjadi sarana pembinaan akhlak.
  • Cara lain adalah melalui: pembiasaan, keteladanan, dan instropeksi.

Faktor Yang Mempengaruhi Pembinaan Akhlak
1.      Aliran Nativisme: potensi batin dangat dominant dalam pembinaan akhlak. Potensi tersebut adalah pembawaan yang berupa kecenderungan, bakat, minat, akal, dan lain-ain.
2.      Aliran Empiris: lingkungan social, termasuk pendidikan merupakan factor penting dalam pembinaan akhlak.
3.      Aliran Konvergensi: pembinaan akhlak dipengaruhi oleh factor internal (pembawaan) dan factor eksternal (lingkungan).
4.      Islam: sesuai dengan aliran konvergensi (QS. An-Nahl: 78, dan hadis Nabi: kullu mauludin…).

Petunjuk Pembinaan Akhlak dalam Islam:
  1. Memilih pasangan hidup yang beragama
  2. Banyak beribadah saat hamil
  3. Mengazani saat kelahiran
  4. Memberi makanan yang halal dan bergizi
  5. Mencukur rambut dan khitan sebagai tanda kesucian
  6. Aqiqah, isyarat menerima kehadiran sang anak
  7. Memberi nama yang baik
  8. Mengajari membaca Al-qur’an
  9. Mengajari anak shalat sejak umur tujuh tahun

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "AKHLAK TASAWUF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel